Selasa, 20 November 2007

your health...

Teledermatology adalah pengiriman pesan kesehatan melalui teknologi komunikasi jarak jauh. Hal ini dapat dilakukan mulai dari hal yang sederhana yakni melaui telepon sampai hal yang lebih rumit seperti pengiriman suara dan gambar, perkembangan terkini yakni melalui video teleconsultation. Dimana dokter dapat bertanya-tanya kepada pasien dan terkadang meminta pasien untuk mengambil gambar tertentu.

Perlengkapan yang dibutuhkan
Desktop camera, baik yang terdiri satu chip maupun tiga chip yang memberikan resolusi yang lebih baik. Peripheral camera sangat membantu dalam hal ini, karena dapat menampilkan gambar dengan detail yang sangat jelas, misalnya dalam hal menampilkan luka yang terdapat pada pasien, memperbesar gambar yang diambil, dll.
Monitor, dimana merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan mengingat untuk menampilkan gambar yang telah diambil. Menurut sumber yang diambil, monitor tidak perlu besar, asal dapat menampilkan gambar dengan resolusi 600 x 800 pixels.
Perlengkapan lain yang juga berguna, misalnya document camera.

Penyelenggaraan teleconsultation
Singkatnya, pada teleconsultation dokter dan pasien berada di dua ruangan yang berbeda, yakni satunya berada di ruangan dokter dan ruangan untuk pasien yang disebut telemedical examining room. Biasanya pasien ditemani suster atau asisten dokter, sama seperti ruangan dokter, telemedical examining room yang digunakan pasien juga dilengkapi perlengkapan yang memungkinkan dokter dan pasien melakukan teleconsultation. Selain dapat bertatapan muka dengan pasien, dokter biasanya meminta asisten dokter atau suster untuk memperlihatkan bagian yang luka maupun menyentuh bagian tubuh pasien, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit yang diderita pasien, oleh karena itu, peran seorang suster ataupun asisten dokter sangat penting disini. Dan jika dianggap perlu, dokter akan meminta pasien melakukan berbagai pemeriksaan dimana hasilnya akan dikirimkan oleh dokter.

Kelemahan telemedicine
Tidak semua kasus cocok menggunakan telemedicine. Kasus yang paling cocok menggunakan teleconsultation ini adalah penyakit kulit. Telemedicine ini juga kurang cocok digunakan pada anak-anak karena sulit bagi mereka untuk tetap tenang menghadap kamera ketika telemedicine berlangsung. Kasus lain yang tidak cocok menggunakan telemedicine adalah ketika pemeriksaan harus dilakukan pada seluruh bagian tubuh. Ada bagian-bagian tubuh tertentu yang sulit diperiksa melalui telemedicine.

Saat ini perkembangan alat kedokteran telah banyak yang memasuki pasar Indonesia, sehingga kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke negeri luar. Dengan berbagai kemudahan yang disediakan tentunya akan sangat membantu dalam penyembuhan pasien. Tolong berikan komentar anda! ^_^

Tidak ada komentar: